Makassar Ingin Samai Pariwisata Singapura

Makassar - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bercita-cita untuk menyamai beberapa hal dari Negara Singapura yang salah satunya adalah sektor pariwisata.
"Banyak ide tentang pariwisata Makassar yang masih saya pendam selama ini dan baru saya luapkan semua di depan Badan Pengembangan Promosi Pariwisata Kota Makassar," kata Wali Kota Ramdhan Pomanto di Makassar, Selasa (15/12).
Dia yang menerima audiensi pengurus BP3M Makassar itu memaparkan konsep pariwisata Makassar ke depan yang akan menyamai Singapura.
Badan Promosi Pariwisata Kota Makassar ini dipimpin Ilhamsyah Mattalatta dan beranggotakan insan pers dari berbagai media massa nasional baik elektronik maupun cetak.
Danny mengatakan bahwa untuk memajukan pariwisata Kota Makassar haruslah didesain secara kreatif sehingga mampu menjadi magnet wisatawan untuk berkunjung ke kota ini.
Ia mencontohkan Singapura yang banyak menyedot minat para turis internasional itu karena didesain dengan begitu baik sehingga apa yang disaksikan setiap orang yang berkunjung membawa kesan tersendiri bagi mereka.
Karenanya Danny menyarankan kepada badan promosi pariwisata ini agar memulai dengan membuat klasifikasi pariwisata yang harus dibenahi, yakni dari segi kuliner, kultur, ataupun kawasan-kawasan wisatanya.
"Harus ada otoritas yang memfilter atraksi-atraksi kebudayaan yang kita tampilkan sehingga ketika ada pertunjukan maka yang tampil adalah yang terbaik yang kita miliki," katanya.
Sebelumnya, Pemerintah Kota Makassar berharap Badan Pengembangan dan Promosi Pariwisata Makassar (BP3M) atau "Makassar Tourism Board" (MTB) bisa meningkatkan citra kota ini di mata masyarakat internasional.
"Saya sangat berharap melalui badan ini citra pariwisata Makassar bisa lebih ditingkatkan dua kali tambah baik," sebutnya.
Harapan wali kota agar BP3M membantu pemerintah kota itu disampaikannya dalam acara pelantikan pengurus BP3M periode 2015-2019 di Anjungan Bugis Makassar, Pantai Losari.
Danny, sapaan akrabnya meminta para pengurus yang baru dilantik untuk lebih berperan aktif terutama dalam melakukan promosi wisata, pemasaran pariwisata dan menciptakan suasana yang kondusif bagi terselenggaranya kegiatan kepariwisataan.
Selain itu, diharapkan BP3M atau MTB ini menjadi wadah untuk mendialogkan berbagai permasalahan budaya yang ada khususnya ragam budaya yang hidup di tengah-tengah kehidupan masyarakat Kota Makassar yang heterogen.
"Kesuksesan sebuah kota adalah ketika banyak orang yang datang berkunjung dan semakin banyak orang yang mengunjungi maka akan semakin sukses kota itu. Jadi tugas BP3M ini bersama Dinas Pariwisata mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya ke kota ini," tuturnya.
Share on Google Plus

About Nunung Kusumawati

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment